Wow… Inilah Mesjid Berkilauan Berlian

Mesjid yang lebar diapit oleh dua menara dan didominasi oleh kubah yang terletak di sayap barat. Atap tinggi didukung oleh kolom oktagonal tebal yang dihubungkan dengan dinding marmer hijau, diukir seluruhnya dari kayu. Pintu masuk dijaga oleh pintu yang berat, berlapis emas dan enamel dengan panel-panel Kristal di tengahnya. 
 Di dalam Mesjid dihiasi dengan ratusan ribu keping ubin halus, dan dinding interior ditutupi dengan segudang potongan Kristal yang menyilaukan bagaikan kilauan Berlian dan bercampur dengan ubin multi-warna hijau, kuning, merah dan biru, diselingi dengan kacamata nuansa paler. Jendela besar dan besar ke tanah sebagian besar terdiri dari mosaik kaca patri yang tercermin dalam mosaik cermin. Tertanam di dinding di mana-mana adalah ayat-ayat dari Al-Qur'an yang ditulis di atas kertas sutra dan dibingkai. Lantai marmer hijau ditutupi dengan karpet merah tebal dan lampu kristal yang megah menggantung dari langit-langit di atas.
 Di tengah, di bawah kubah, terletak makam Syed Mir Ahmad. Batu nisan marmer, di atasnya dengan struktur hias kotak pernis yang lebar dan rendah, dikelilingi oleh perak berukir halus dengan Batu-batu kristal yang menunjukkan bagian dalamnya. Ayat-ayat dari Al-Qur'an ditulis dengan huruf tintah emas pada latar belakang biru, dan bunga-bunga dihias atau diukir ke dalam logam. Di sudut lain terdapat makam Mir Muhammad yang terlihat sama tetapi jauh lebih kecil dari makam kakak laki-lakinya.

Masjid tetap seperti ini selama kira-kira 200 tahun sebelum pekerjaan lebih lanjut diprakarsai oleh Ratu Tash Khathun selama tahun 1344-1349 Masehi. Dia melakukan perbaikan-perbaikan penting, membangun sebuah bangunan, Dia juga menyajikan Al-Qur'an yang unik dari tiga puluh volume, yang ditulis dalam karakter Sols emas dengan hiasan emas, yang sekarang diawetkan di Museum Pars.

Tahukah anda, dimana mesjid tersebut berada dan apa nama mesjid tersebut?
 Mesjid berkilauan berlian tersebut bernama Mesjid Shah e Cheragh yang berarti (Persia untuk King of the Light), yang pasti Mesjid yang berkilauan berlian tersebut berlokasi di persia yang sekarang disebut Iran. Masjid yang terletak di kota Shiraz, di Iran tersebut adalah salah satu masjid terindah dan pusat ziarah bagi bangsa persia.

Mesjid ini dibangun sejak tahun 1344 Masehi dan kembali diperbaiki pada tahun 1506 Masehi  (912 AH - di bawah pemerintahan Shāh Ismā'īl I), ketika setengah dari struktur runtuh akibat gempa bumi.

Postingan populer dari blog ini

Jenis Berlian (Diamond)

Warna Berlian (Batu Intan)

Harga Berlian